Motivasi Membangun Jiwa Wirausaha

Motivasi Membangun Jiwa Wirausaha

Motivasi Membangun Jiwa Wirausaha – Salah satu sebab lemahnya jiwa wirausaha di Indonesia adalah cara pandang yang keliru tentang dunia wirausaha. Banyak yang beranggapan, berwirausaha memerlukan modal besar, pendapatan tidak pasti tiap bulannya, waktu kerja yang lebih lama dari jam kantoran, hingga kurangnya pengalaman dalam berwirausaha, menjadi sebuah batu sandungan bagi seseorang untuk membuka usaha secara mandiri.

Hal-hal yang sifatnya paradigma tersebut perlahan mengikis keinginan setiap orang untuk berwiraswasta. Kebanyakan masyarakat Indonesia cari aman dengan menggantungkan hidupnya pada sebuah perusahaan tertentu. Mereka tidak perlu mengeluarkan modal untuk biaya operasional kantor. Jika perusahaan kolaps, mereka tidak menanggung beban begitu berat, baik secara mental maupun materi.

Begitulah alasan-alasan yang mendasar dan menjadi penyebab mengapa sampai sekarang, berwirausaha atau berwiraswasta tidak dijadikan pilihan utama. Sebuah alasan yang memang bisa diterima oleh akal sehat. Tapi apakah tidak lebih menyenangkan jik Anda keluar dari zona nyaman dan berhasil menaklukkannya?

Keberanian dan keyakinan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh mereka yang akan terjun di bidang ini. Jika tidak? Mereka tidak akan siap menghadapi segala bentuk benturan yang akan menghalangi. Jika itu terjadi, benturan tersebut berisiko untuk mengaramkan usahanya.

Wirausaha Bisnis Online

Ketakutan untuk menjadi seorang wirausaha atau wiraswasta sebenarnya tidak cukup beralasan. Di dunia yang berjalan serba cepat seperti sekarang, membuka usaha sendiri amatlah mudah. Anda tidak lagi memerlukan modal yang besar, kantor yang representatif, ataupun iklan usaha yang dicetak ribuan lembar.

Anda cukup memiliki kemampuan komputer dasar dan mengenal dunia internet, Anda dapat menjalankan sebuah usaha di dunia maya yang memiliki dampak nyata di kehidupan Anda. Dengan kata lain, jenis usaha di zaman sekarang ini bisa dilakukan secara online atau dalam jaringan.

Pasti kemudian Anda bertanya, bagaimana caranya? Karena terus terang, bisnis online ini termasuk bisnis yang baru di Indonesia. Bisnis di dunia maya mungkin akan menimbulkan lebih banyak keragu-raguan. Bagaimana bisa mendapatkan uang dari hal yang maya atau absurd?

Pertanyaan seperti itu tentu saja wajar. Mengingat gambaran proses yang masih belum terbayangkan. Kerugian yang sudah menghantui serta bagaimana keuntungan itu dapat singgah di dompet menjadi pertanyaan besar.

Sebenarnya, bila Anda jeli dan berani, ada ribuan peluang untuk membuka usaha mandiri di dunia maya. Berikut ini merupakan beberapa contoh peluang usaha yang bisa Anda lakukan.

1. Blog atau Web Marketing

Memasarkan barang atau jasa yang Anda miliki melalui website atau blog pribadi Anda adalah cara yang paling umum digunakan. Misalnya, Anda mempunyai kemampuan lebih di bidang matematika, Anda bisa membuat blog yang menawarkan les privat matematika kepada orang-orang di dunia maya.

Anda dapat membuat blog di WordPress, Blogspot, Detik, ataupun Multiply. Anda cukup mencantumkan kompetensi dan nomor kontak Anda di blog penawaran tersebut.

Untuk menarik pengunjung ke blog, Anda bisa menawarkan soal-soal matematika dan cara penyelesaian soal tersebut untuk diunduh secara gratis. Ini adalah salah satu contoh pemasaran dengan modal yang sangat murah di internet. Jangan lupa, selalu memperbarui isi blog Anda minimal seminggu sekali sehingga pengakses blog atau website Anda akan meningkat dari hari ke hari.

Salah satu keuntungan penggunaan internet sebagai sarana marketing adalah koneksi yang terhubung 24 jam nonstop dan dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia.

Selain keahlian dalam bidang eksak yang bisa Anda tawarkan, berbagai kreasi Anda juga bisa dijual di web tersebut. Masakan, kue, pernak-pernik, apapun. Anda bisa menjualnya, dan itu bisa cukup mendatangkan keuntungan. Buat berdasarkan pesanan, agar barang dagangan Anda masih berkategori segar.

2. Email Marketing

Cara kedua yang bisa Anda tempuh adalah mengirimkan penawaran barang atau jasa milik Anda melalui email. Anda dapat mengirimkan dalam bentuk file proposal, file buklet, file brosur, dan sebagainya.

Misalnya, Anda mencoba membuka peluang wirausaha jual beli buku bacaan untuk murid SMP. Anda cukup membuat proposal penawaran pemesanan buku. Lalu, kirimkan ke email semua SMP di kota Anda, baik SMP negeri maupun swasta. Mudah, bukan?

Bisnis ini kadang memang dipandang sebelah mata. Dianggap spam dan membuat orang tidak tertarik untuk membukanya. Ada baiknya jika Anda promosikan melalui akun sosial milik pribadi saja. Toh nanti jika ada yang berminat, orang tersebut pasti akan langsung menghubungi Anda.

3. Jejaring Sosial Marketing

Cara ketiga yang ditawarkan oleh cara berwirausaha melalui jaringan adalah mempromosikan usaha mandiri Anda melalui jejaring sosial, seperti facebook, friendster, maupun twitter. Anda cukup membuat catatan dan mengunggahnya, lalu mengajak rekan-rekan untuk membaca catatan Anda dan mengomentarinya.

Catatan tersebut berisi tentang pemasaran dan promosi barang atau jasa yang Anda miliki. Untuk menambah daya pikat, Anda bisa menambahkan diskon ataupun gratis ongkos kirim. Untuk memperluas jaringan pemasaran, Anda bisa menambah minimal 2 orang teman setiap hari serta membuat grup berisi penawaran barang atau jasa yang Anda miliki.

Dalam memasarkan melalui media sosial ini, ada beberapa trik yang harus dilakukan. Jangan terlalu sering memosting “barang dagangan” Anda. Beri jeda waktu. Dan jangan pula menandai atau men-tag orang-orang yang tidak Anda kenal. Karena itu akan mengganggu, dan berisiko pada pemblokiran terhadap akun Anda.

4. Picture Marketing

Dalam bidang picture marketing, Anda bisa mengupload foto-foto yang berhubungan dengan wirusaha melalui situs-situs penyedia layanan foto, seperti picasa, photobucket, atau pictureShare. Unggah foto Anda dan link-kan foto tersebut ke blog, website atau jejaring sosial yang Anda miliki.

Gunakan gambar sebagai penarik minat para calon pelanggan Anda. Untuk ini, belajar fotografi adalah hal yang tidak lupa harus Anda kuasai.  Semakin bagus gambar yang Anda ciptakan, ketertarikan masyarakat terhadap produk Anda juga semakin tinggi.

5. Slide dan Video Marketing

Bila Anda memiliki kemampuan membuat presentasi yang memikat, bentuk promosi yang Anda lakukan bisa berupa slide ala powerpoint. Anda bisa mengunggahnya di slideshare.

Cara pemasaran yang lebih canggih bisa menggunakan video profil perusahaan maupun video profil barang atau jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat meng-upload video ke Youtube, Metacafe, maupun Myspace. Setelah itu, silakan Anda link-kan ke blog atau web yang Anda miliki.

Wirausaha dalam bidang bisnis online ini susah-susah gampang. Susah bagi yang memulai dan akan sangat mudah bagi yang memang sudah mahir. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, yang penting Anda tahu tak-tik yang tepat untuk menjaring pembeli.

Nah, ternyata menjadi seorang wirausaha tidak sulit bukan. Mulai sekarang pun Anda bisa memulai bisnis, memasarkannya, dan menjadi bos di perusahaan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Wirausaha adalah salah satu jenis aktivitas yang kini sedang menjadi primadona di masyarakat. Hal ini terkait dengan kondisi yang terjadi di tengah lingkungan, sehingga mengubah paradigma yang sebelumnya terbangun. Sebelum tahun 2000, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa usai menempuh jenjang pendidikan, maka jalan yang harus dipilih adalah dengan bekerja atau mencari pekerjaan.

Motivasi Membangun Jiwa Wirausaha

Namun, seiring perkembangan sektor ekonomi yang lesu di tengah krisis yang melanda dunia, hal ini berdampak pada makin minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Angka pengangguran pun semakin meningkat, dan harga kebutuhan pokok pun semakin meningkat. Selain itu, semakin banyak seminar yang diselanggarakan untuk membangkitkan jiwa bisnis telah juga memegang andil semakin banyak orang yang berani membuka usaha baru dan berusaha sekuat tenaga memajukan usahanya. Jatuh bangun dengan segala tantangannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang harus dipusingkan karena memang begitulah dunia usaha. Kadang onak dan duri itu malah membuat jiwa semakin bergejolak untuk menahlukkan semua rintangan dan menjadikannya sebagai sebuah peluang.

Bagi umat muslim, petuah yang ada dalam satu hadist yang mengatakan bahwa kebanyakan rezeki itu adanya di sektor bisnis, juga telah memberikan nuansa baru yang membuat orang-orang muda terutama semangat berusaha membangun bisnis sendiri. Usia muda ini benar-benar berani dalam mengambil semua resiko. Mereka tidak takut merugi ataupun bangkrut. Mereka mencari pengalaman walau tetap penuh perhitungan dan analisa yang menggunakan teori bisnis dari para pengusaha sukses.

Buku-buku tentang bisnis menajdi laris manis. Para penulis yang juga seorang pengusaha diundang untuk memberikan pencerahan kepada banyak calon pengusaha. Pemerintah Daerah Sumatera Selatan malahan memberikan peluang yang sangat besar kepada para pengusaha muda. Pemerintah menyelenggarakan berbagai seminar motivasi dan seminar tentang bisnis yang diperuntukkan bagi kalangan muda.

Anak-anak muda itu harus didorong agar berani menanggung resiko. Mumpung usia mereka masih muda. Mereka masih mempunyai harapan yang panjang untuk terus berusaha. Ketika mereka telah menemukan jenis usaha yang cocok dengan jiwa dan ketrampilannya, mereka akan menjadi pengusaha yang sukses. Kesuksesan ini tentunya akan berimbas kepada lapanag pekerjaan yang akan tercipta. Dengan demikian, anak muda akan menjadi motor penggerak pembangunan. Mereka yang akan memberikan motivasi kepada anak muda yang lainnya agar mau berusaha dan terus mencari usaha yang sekiranya cocok bagi mereka.

Wirausaha Ladang Penghidupan Baru

Wirausaha telah menjadi satu ladang yang tidak baru sebenarnya untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Segala krisis yang melanda telah membuat banyak orang secara terpaksa harus membuka usaha sendiri. Hal itu diperparah dengan makin banyaknya perusahaan yang memberlakukan kebijakan rasionalisasi perusahaan. Salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan melalui program pensiun dini. Hal ini terjadi baik pada perusahaan daerah, nasional maupun multinasional. Mengingat, dampak krisis ekonomi yang terjadi secara merata memiliki efek domino yang menyerang segala sektor.

Di sisi lain, manisnya prospek yang dijanjikan para pelaku bisnis menjadikan banyak orang mulai mengubah pandangan. Semula, wirausaha hanya dianggap sebagai kegiatan ekonomi kelas pinggiran. Namun, dengan bukti bahwa keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas ini demikian menjanjikan, akhirnya sektor ekonomi ini mulai banyak diminati masyarakat. Mulailah orang mencoba peruntungannya di bidang satu ini. Mereka yakin akan berkembang dan mereka yakin akan untung, oleh karena itu mereka semangat melakukannya. Berbagai bidang usaha menggeliat dan sektor ekonomi bergerak lagi.

Kesadaran untuk memilih sektor wirausaha sebagai pegangan hidup pun semakin meningkat. Bahkan, dunia pendidikan pun mulai mengenalkan dunia bisnis atau dunia usaha ini kepada peserta didik sejak usia dini. Hal ini sudah bisa terlihat dampaknya pada saat ini. Dimana mulai banyak ditemukan pengusaha muda yang sudah berani terjun ke dunia bisnis sejak masih duduk di bangku sekolah. Bahkan anak usia sekolah dasar telah berani untuk memulai bisnis dengan modal yang sangat minim. Semua itu dilakukan untuk dapat merasakan bagaimana menajdi seorang pengusaha. Untung rugi dan pencatatan yang baik serta memulai lobi dan bernegosiasi adalah beberapa hal yang memang tak bisa hanya dipahami lewat teori. Semua itu harus dirasakan agar kelak mampu menanggung resiko yang lebih besar dan membuka lapangan kerja yang lebih banyak dengan keuntungan yang lebih tinggi juga.

Seminar Wirausaha

Selain melalui dunia pendidikan, kampanye dunia wirausaha pun mulai banyak dilakukan melalui berbagai seminar-seminar yang menitiberatkan kepada pentingnya mempunyai bisnis, baik bisnis sampingan maupun bisnis bersekal sedang dan berskala besar. Hal ini sangat efektif dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk mulai memanfaatkan potensi yang ada pada diri mereka serta lingkungan. Bukan hanya bergantung dengan menjadi seorang pencari kerja atau bekerja demi keuntungan orang lain semata.

Lewat seminar-seminar ini, alam bawah sadar para pesertanya seolah digelitik agar terbangun dan bisa melihat secara kritis terhadap peluang yang ada di sekitarnya. Tidka mudah, tetapi bisa dilakukan. Ada yang merasa masih takut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ada yang langsung terjun dan terus berusaha walau lebih sering terjatuh dan harus membangkitkan diri lagi.

Biasanya, dalam seminar wirausaha tersebut akan diisi oleh seorang wirausahawan yang memiliki kisah unik dan menarik aktivitasnya dalam dunia usaha. Selain itu, ada pula seorang motivator yang bertugas menggugah semangat serta membakar keyakinan para peserta seminar untuk berani terjun ke dunia wirausaha.

Seminar seperti juga memberikan tips dan langkah bagaimana memulai satu usaha, bagaimana menemukan produk yang tepat, dan bagaimana mempertahankan usaha. Sektor pemodalan yang sering dikeluhkan oleh para pemula, juga sering dibahas. Ada seminar khusus yang memberikan pelajaran bagaimana meminjam uang di bank, bagaimana mengajukan proposal peminjaman modal, bagaimana mengatur pengeluaran dan pemasukan agar semua utang bisa dilunasi tepat waktu.

Manfaat Seminar Wirausaha

Di sisi lain, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti kegiatan seminar wirausaha ini. Manfaat itu bsia dirasakan walaupun terkadang investasi untuk mengikuti seminar seperti ini tidak murah.

Hal pertama yang didapatkan alam seminar, kita bisa mengetahui beberapa jenis wirausaha yang memiliki prospek cerah dan menguntungkan. Hal ini penting diketahui agar kita tidak salah dalam memilih jenis usaha yang hendak dijalankan. Pasti akan terasa sakit ketika usaha yang telah dijalankan dengan sepenuh hati dan jiwa raga itu harus jatuh bangun berkali-kali. Kekuatan mentak seseorang terkadang memang ada batasnya. Kalau tidak dipacu dan dipecut dengan semangat yang dilontarkan oleh orang lain, tidak jarang tersudut dan terdampar juga ke dunia frustasi. Namun, bagi para pengusaha yang mempunyai sikap dewasa, semua tantangan itu adalah pecut yang selalu membangkitkan dirinya untuk maju dan terus maju dan tidak kalah oleh tantangan apapun.

Melalui seminar wirausaha, kita bisa berbagi pengalaman serta mendapatkan pengetahuan baru. Terutama dalam mengatasi beberapa permasalahan yang ditemui dalam kegiatan kewirausahaan tersebut. Berbagi pengalaman ini juga sekaligus memberikan ide dan inspirasi sehingga semnagat dalam dada tetap ada. Menjalin kerjasama dengan pihak lain. Dalam wirausaha, kerjasama dengan pengusaha lain merupakan hal penting. Mengingat hal ini bisa menjadi jembatan untuk mengembangkan bisnis yang kita jalankan dan menjalin sebuah jalinan usaha. Tanpa adanya kerjasama, akan sulit untuk mengembangkan usaha. Bisnis adalah hubungan kemanusiaan dan hubungan ini akan semakin bagus ketika dibangun oleh hubungan pertemanan yang saling menguntungkan dan saling memberikan dukungan.

Tidak jarang bahwa dari hubungan yang didapatkan ketika sama-sama menjadi peserta seminar tersebut akan lahir satu usaha bersama yang maju. Pastilah hal ini akan sangat menyenangkan. Keilmuan yang telah didapatkan dengan harga yang tidak murah itu bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar manfaatnya. Pertemuan dengan seseorang yang sehati itu terkadang tidak direncanakan tetapi memang dipertemukan sehingga terciptalah satu hubungan yang harmonis.

Seminar usaha meningkatkan motivasi. Ada kalanya, seorang yang baru memulai duniawirausaha kehilangan semangat ketika usaha yang dijalankan tidak berjalan sebagaimana harapan. Dengan mengikuti seminar wirausaha inilah, seseorang bisa diberikan suntikan semangat dan diberikan solusi atas masalah yang dihadapinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *