Tokoh Tokoh Wayang Kulit Secara Lengkap

Tokoh Tokoh Wayang Kulit Secara LengkapBegitu banyaknya tokoh wayang kulit, terkadang membuat bingung kita, karena mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Kira-kira siapa saja tokoh-tokoh wayang kulit secara lengkap yang bisa kita kenal?

Wayang kulit, siapa yang tidak mengenal warisan budaya yang satu ini. Telah terlahir sebagai budaya Indonesia kuno, terutama kebudayaan Jawa yang sangat melekat pada masyarakat Indonesia.

Tokoh Tokoh Wayang Kulit Secara Lengkap

Pada pagelaran kesenian wayang kulit terdapat banyak sekali cerita-cerita yang terkandung didalamnya, kepahlawan, percintaan, persaudaraan, perang antar negara bahkan perang antar saudara, pengkhianatan, sampai seluruh sendi kehidupan diceritakan atau disandang oleh performa budaya yang satu ini.

Pagelaran seni wayang kulit telah hadir dalam kehidupan masyarakat khususnya Jawa sejak lima abad lamanya. Kisah-kisah yang dikenalkan dan biasa dilakonkan yaitu kisah Ramayana dan Mahabharata. Kedua kisah ini memiliki sejumlah tokoh wayang kulit yang lengkap dengan beraneka karakter.

Pagelaran biasanya berlangsung selama semalam suntuk, cerita-cerita yang disajikan berisikan berbagai macam mengajarkan arti filosofi kehidupan masyarakat Jawa sebagai refleksi dan pembelajaran hidup.

Pagelaran wayang kulit adalah seni pertunjukan yang telah berusia lebih dari setengah milenium. Keberadaannya memiliki cerita tersendiri bagi khasanah kebudayaan bangsa Indonesia.

Pagelaran wayang kulit dilakukan oleh seorang dalang yang bertugas sebagai pembawa cerita atau pendongeng. Dalang akan memainkan semua karakter dari tokoh wayang kulit sepanjang malam.

Ceritanya membawakan karakter manusia dengan purwarupa boneka yang terbuat dari kulit kerbau dihiasi dengan berbagai motif ukiran kulit yang bisa dibilang rumit.

Dalang harus memiliki kemampuan yang luar biasa, mulai dari mengubah karakter suara, berganti intonasi, menampilkan humor, dan bahkan menyanyi.

Performa tersebut dilakukan dalam rangka menghidupkan suasana, maka biasanya dalang dibantu oleh musisi yang memainkan gamelan, instrumen musik tradisional Jawa, serta diiringi penyanyi wanita yang disebut sinden yang menyanyikan lagu-lagu Jawa.

Sehingga karakter tokoh-tokoh wayang kulit yang lengkap dapat hidup sesuai dengan jalan cerita, dan menjadikan suasana semakin menarik penghayatan dari para pemirsa.

Tokoh Wayang Kulit Dalam Kisah Ramayana

Pada kisah Ramayana terkenal dengan berbagai tokoh wayang kulitnya yang terkadang kita hanya mengenal beberapa saja yang biasa dilakonkan oleh dalang dalam sebuah pagelaran seni wayang kulit. Berikut ini beberapa nama tokoh wayang kulit dalam cerita Ramayana, seperti:

  1. Anggodo, memiliki karakter yang sangat cerdas, ketangkasan dan kegesitan yang luar biasa dalam setiap pelakonannya.
  2. Anilo, berwujud kera memiliki kulit tubuh biru tua, memiliki karakter pemberani dan pantang menyerah. Selalu terdepan dalam setiap peperangan.
  3. Anjani, dia adalah ibu dari kera sakti Prabu Rama yang sangat disegani dan dihormati yaitu Hanoman. Wanita lemah lembut, tegas, pemberani, namun memiliki jiwa keibuan yang penuh kasih sayang.
  4. Dosoroto, keturunan bangsawan, merupakan ayahanda dari Sri rama. Memiliki karakter yang sangat pemurah, bijaksana, dan welas asih walau sebagai seorang raja.
  5. Hanoman, disembah sebagai dewa yang welas asih oleh masyarakat Hindu. Tokoh pewayangan yang selalu berwatak baik, terkenal akan kesetiaan dan keberaniannya.
  6. Indrajit, karakternya sangat bertentangan dengan Hanoman, selalu bersikap antagonis terhadap siapapun. Namun terkenal dengan kesaktiannya yang tiada tanding, merupakan salah satu musuh bebuyutan Sri Rama.
  7. Jatayu, berwujud sebagai seekor burung. Namun memiliki karakter yang protagonist dan suka menolong kepada yang benar, namun suatu ketika mati dalam peperangan melawan Rahwono.
  8. Jembawan, berwujud sekekor beruang. Salah satu teman terbaik Hanoman dalam setiap pelakonan.
  9. Kosalya, merupakan istri pertama dan ibu dari Sri Rama. Keturunan bangsawan yang memiliki trah atau silsilah keturunan raja yang sangat kuat.
  10. Kumbokarno, merupakan saudara seayah dan seibu dari musuh bebuyutan Sri Rama yaitu Rahwana. Walaupun memiliki fisik yang tidak sempurna, namun ia berkarakter bijaksana dan seorang ksatria.
  11. Laksmono, merupakan adik dari Sri Rama, namun tidak satu Ibu. Merupakan titisan dewa ular yang sangat disembah dan dikagumi oleh kaum Hindu, memiliki karakter yang setia kepada tuannya.
  12. Rama Wijaya, seorang raja yang sangat melegenda, merupakan keturunan dari orang-orang yang didewakan, berkarakter baik.
  13. Rahwono, merupakan musuh bebuyutan Sri Rama. Memiliki karakter yang tidak baik dan kecenderungan untuk selalu membenci kepada orang yang lebih darinya.
  14. Sinta, merupakan orang terkasih Sri Rama, yang mendampingin sampai akhir hayatnya. Terkenal akan kecantikan, lemah lembut, dan penyayang.
  15. Subali, merupakan saudara Sugriwa, seorang raja namun berkarakter jahat dan selalu bertentangan dengan Sri Rama.
  16. Sugriwa, merupakan raja dari para kera. Memilki karakter baik hati, setia, dan kstaria.
  17. Sumitro, merupakan ibu tiri dari Sri Rama.
  18. Trikoyo, merupakan keturunan dari Rahwono. Memiliki kesaktian yang luar biasa, dan terkenal tidak pernah takut pad siapapun.
  19. Wibisono, merupakan adik dari Rahwono, yang memiliki sifat protagonis.
  20. Dewi Windradi, dikenal sebagai seorang bidadari yang turun ke bumi dengan wujud manusia.

Tokoh Wayang Kulit Dalam Kisah Mahabharata

Pada kisah Mahabharata terkenal dengan berbagai tokoh wayang kulitnya, untuk tokoh pada kisah Mahabharata ini juga tidak kalah sangat banyak, ada beberapa diantaranya yang sangat popular di telinga masyarakat, yaitu:

  1. Abimanyu, merupakan anak dari Arjuna. Dia terkenal sebagai ksatria termuda pandowo yang gagah berani.
  2. Resi Abyoso, seorang alim pada agama Hindu. Memiliki kemampuan keagamaan yang sangat mumpuni.
  3. Ontoseno, merupakan putra dari Bimoseno. Memiliki karakter setia dan tangguh terhadap Pandowo.
  4. Arjuno, seorang Pandowo Limo yang terkenal akan paras tampannya, memiliki karakter baik, berbudi luhur, lemah lembut, serta penyayang akan sesamanya.
  5. Bolodewo, merupakan saudara dari Kresno, dipuja dan dieluhkan oleh masyarakat Hindu sebagai dewa.
  6. Banowati, keturunan dari raja Salya. Memiliki karakter yang baik, lemah lembut, dan wanita yang penuh dengan kasih saying. Sempat memadu kasih dengan Arjuno.
  7. Basudewo, merupakan saudara dari dewi Kunti. Beristrikan tiga orang, termasuk raja yang arif dan bijaksana, raja dari negeri mAnduro. Dia seorang bapak yang penyayang karena dari ketiga istrinya semuanya dikaruniai keturunan.
  8. Bimo, salah satu pahlawan besar dalam pewayangan Mahabharata. Salah satu dari pandawa yang gagah berani, memiliki sikap yang setia, tidak mudah berkhianat.
  9. Bismo, merupakan keturunan dari Raja Sentanu dan Ibunda Gangga. Pandowo dan Kurowo adalah keturunannya, namun kedua keturunan tersebut memiliki sifat yang berbeda.
  10. Cakil, dia adalah seorang raksasa yang memiliki wajah yang seram. Selalu mengalami pertentangan dengan Arjuno karena perbedaan sifat dan kepribadian yang mendalam.
  11. Dewoyani, keturunan dari seorang resi petinggi yaitu Mahaguru Sukro. Dia merupakan leluhur dari Pandowo dan Kurowo.
  12. Durgandini, dikenal dengan nama lain Satyowati. Dia adalah ibunda dari Resi Wyoso.
  13. Duryodono, merupakan tokoh dengan watak antagonis, dan salah satu tokoh utama dalam pewayangan kisah Mahabharata. Dia adalah menantu dari Prabu Salyo.
  14. Gatotkoco, merupakan putra dari Werkudoro, termasuk dalam keluarga Pandowo. Memiliki kesatian yang ampuh dan mandraguna, tekenal akan keberanian dan kegigihannya dalam menumpas sekutu Kurowo.
  15. Indra, merupakan seorang dewa yang mengatur cuaca dan raja dari semua dewa.
  16. Karno, salah satu raja yang merupakan sekutu Kurowo, dan memiliki watak yang licik, tokoh antagonis dalam pewayangan Mahabharata.
  17. Kunti, ibu kandung dari beberapa tokoh utama Mahabharata, seperti Kresno , Bolodewo, dan Subodro. Merupakan ibu ratu yang paling disegani dan dikagumi.
  18. Santanu, salah satu tokoh protagonist dalam pewayangan Mahabharata. Ayahanda dari Bismo, terkenal sebagai raja yang arif dan bijak.
  19. Srikandi. Siapa yang tidak mengenal wanita satu ini, di Indonesia semua orang sangat familiar terhadap sosok seorang Srikandi. Terkenal sebagai seorang ksatria wanita yang pemberani namun tidak pernah kehilangan jati dirinya sebagai wanita. Karakternya yang welas asih, lemah lembut, dan penuh kasih sayang, tegas membuatnya sangat terkenal.
  20. Yudistira, seorang raja yang baik dari negeri Kuru. Merupakan saudara tertua dari pandowo limo yang terkenal, memiliki karakter yang mengayomi terhadap saudara-saudaranya.

Demikianlah pembahasan mengenai tokoh wayang kulit lengkap yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *