Trend Belanja Online di Indonesia Makin Menggairahkan

Trend Belanja Online di Indonesia Makin Menggairahkan

Trend Belanja Online di Indonesia Makin Menggairahkan – Kepercayaan masyarakat pengguna internet untuk melakukan transaksi dan belanja online di Indonesia ternyata mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada tahun 2009, transaksi online di Indonesia tercatat mencapai 3,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 35 triliun. Suatu jumlah yang tidak kecil.
Namun besarnya nilai transaksi online itu nampaknya masih dinikmati perusahaan-perusahaan online besar dan dari luar negeri. Perusahaan lokal tampaknya masih belum berani secara total menggeluti bisnis di dunia maya.

Apalagi tidak sedikit kasus penipuan dan online fiktif yang yang terjadi dan menyebabkan kerugian konsumen. Termasuk kekhawatiran penyalahgunaan kartu kredit seperti kasus pembobolan kartu kredit melalui internet.

Mengapa Harus Belanja Online

Belanja online dapat menjadi cara yang bagus untuk menemukan barang yang sulit untuk ditemukan atau item item langka, juga bisa dimanfaatkan dalam menggunakan intensif perbandingan harga untuk mendapatkan penawaran terbaik, dan itu bisa seaman belanja lokal.

Ada beberapa tercatat perangkap belanja online dan ini termasuk ketidakmampuan untuk kembali item segera, dan kurangnya “touchability” item. Pembeli tidak bisa benar-benar merasakan kualitas materi dalam hal ini atau menentukan apakah item yang akan di beli terlihat baik dan berdasarkan kebenaran dari gambar yang di onlinekan. Ada kekhawatiran lain dengan Internet belanja dan keuntungan lainnya, meskipun ini tergantung pada perspektif.

Mungkin perhatian terbesar tentang belanja online adalah keamanan dan privasi. Tidak ada yang ingin memiliki informasi pribadi mereka dicuri atau digunakan, dan ada beberapa cara untuk meminimalkan risiko ini. Sadarilah bahwa berbelanja di toko-toko tidak sepenuhnya menghilangkan risiko baik.

Hal ini hanya sebagai mudah bagi karyawan untuk mencuri informasi seperti routing dan memanfaatkan nomor rekening bank atau mengambil informasi kartu kredit dan menggunakannya.

Hal ini terjadi pada beberapa situs internet yang sangat terkenal juga. Intinya adalah, kebanyakan orang ingin hal ini ditangani dengan cepat jika mereka mencatat aktivitas yang tidak biasa pada rekening bank atau kartu kredit, dan toko lebih terkemuka biasanya akan bertindak cepat untuk membantu adanya pencurian gara gara terlibat belanja online.

Kadang-kadang informasi pribadi tidak digunakan dalam bentuk kecurangan, tetapi masih dapat digunakan dalam berbagai cara menjengkelkan seperti mengirim newsletter lewat spam. Maka untuk melindungi privasi, Anda membaca rincian kebijakan privasi masing-masing situs belanja ini. Jika situs dapat menggunakan nomor telepon, alamat atau alamat email dan menjualnya kepada pengiklan lain, pelanggan mungkin ingin mencari tempat lain untuk melakukan pembelian mereka.

Begitu orang merasa mereka telah menemukan situs belanja yang aman dan swasta dan memiliki metode pembayaran yang aman, banyak manfaat dari belanja online yakin untuk mengajukan banding.

Yang utama di antara masalah ini adalah kemampuan untuk membandingkan harga, tapi perbandingan harga harus selalu menyertakan pertimbangan beberapa hal lainnya. Misalnya, kebanyakan orang harus memeriksa biaya pengiriman di lokasi yang berbeda untuk melihat apakah perubahan ini punya nilai pada keikan harga, harusnya tidak bila penjualnya terbiasa menjual grosiran dan telah berkerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman.

Barang Harus Tiba Tidak Harus Cepat

Hal lain yang harus dilihat adalah kebijakan pengembalian pada setiap item baru atau bekas. Karena bisa sulit untuk menentukan dengan pasti apakah dalam hal belanja online ada penjaga kualitas atau pengakuan vendor yang memiliki kebijakan garansi. Selain itu, menghitung setiap biaya pengiriman kembali juga, beberapa toko yang menawarkan pengiriman kembali secara gratis dan cuma cuma.

Orang mungkin melihat bahwa toko kadang-kadang menawarkan bonus code yang akan mengurangi harga. Hal ini dimungkinkan untuk mencari kode ini di lokasi lain. Jika belanja online di Sephora misalnya, pembeli dapat menemukan kode pada website lain yang dapat digunakan dengan pembelian Sephora.

Kadang-kadang situs dan kode sudah tua yang masih terpampang di website dan tidak bekerja lagi. Berlangganan newsletter toko adalah cara lain untuk mendapatkan penawaran yang bagus, meskipun itu berarti memasang dengan sejumlah email tambahan dan surat mungkin pakai snail email.

Ada bebeberapa Hal yang tidak perlu untuk membeli dan belanja online ketika berbelanja online, dan mereka yang doyan di depan internet bisa menghabiskan berjam-jam “window shopping.”

Hal ini mungkin menjadi pengalaman windows shoping yang paling nyaman yang pernah diciptakan, karena dapat dilakukan dari bilik privasi rumah sendiri, dan melakukan ini tidak membuat capek

Walau menarik menggunakan dalam belanja, cobalah istirahat sesekali. Jangka waktu yang lama duduk di depan komputer dapat membuat mata letih mata dan biasanya tidak baik untuk punggung atau leher

Trend Belanja Online di Indonesia Makin Menggairahkan

Prospek belanja online di Indonesia tampaknya akan makin besar. Menurut data dari Forrester Research, nilai transaksi atau belanja online secara global pada tahun 2010 ini akan mencapai angka 172,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1,7 bilion. Dari data tadi, Indonesia baru mengambil bagian yang sangat kecil, yaitu hanya sebesar 2 persen.

Sedangkan hasil penelitian terbaru dari AC Nielsen menemukan kecenderungan yang meningkat dari budaya transaksi lewat internet di Indonesia. Diperkirakan, hingga akhir tahun 2010 ini, masyarakat yang akan melakukan belanja online di Indonesia sebanyak 80 persen dari 30 juta pengguna internet yang ada. Ini merupakan peningkatan cukup besar dibandingkan sebelumnya yang hanya 68 persen.

Perilaku Belanja Online

Dari riset yang dilakukan PT Nielsen Company of Indonesia terhadap 500 responden di berbagai kota di Indonesia itu memperlihatkan meningkatnya kepercayaan masyarakat dalam melakukan transaksi secara online. Kondisi ini juga menunjukkan peningkatan penghargaan masyarakat terhadap hak cipta karya orang lain.

Menyangkut produk yang paling banyak diminati, masyarakat Indonesia lebih memilih produk buku sebagai pilihan utama, diikuti pakaian, sepatu atau asesoris sebagai pilihan kedua. Sedangkan pilihan ketiga hingga ke enam adalah pembelian tiket pesawat atau reservasi, barang-barang elektronik, hardware komputer, serta software komputer.

Menyangkut cara pembayaran, pengguna internet di Indonesia lebih banyak menggunakan paypal, diikuti kartu debit, transfer bank, kartu kredit, dan transfer uang. Banyaknya kasus pembobolan kartu kredit di internet menyebabkan banyak konsumen yang takut menggunakannya sebagai metode pembayaran transaksi online.

Selain itu, masyarakat pengguna internet di Indonesia juga relatif masih berhati-hati dalam melakukan transaksi secara online. Mereka umumnya membutuhkan referensi, baik dalam bentuk review produk maupun informasi teman, tentang produk yang akan dibelinya.

Belanja online bisa lebih aman ketika Anda membeli dari tempat yang minim laporan kasus penipuannya, atau belanja pada situs perusahaan yang mapan, yang biasanya di websitenya memberikan penawaran jual beli langsung. Jika Anda memiliki masalah dengan pesanan Anda atau biaya dari sebuah perusahaan yang tak seorang pun pernah mendengar tentangnya, Anda mungkin akan rugi.

Namun, jika Anda memiliki masalah yang sama dengan sebuah perusahaan yang didirikan dengan banyak lokasi yang berbeda, Anda dapat dengan mudah menemukan seseorang untuk membantu Anda memperbaiki masalah ini. Sepanjang baris yang sama, ketika Anda belanja online, Anda harus selalu pastikan keberadaan perusahaan yang memiliki cara mudah untuk menghubungi layanan pelanggan. Mereka harus memiliki alamat email, nomor bebas pulsa, atau live chat. Jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk menghubungi layanan pelanggan, Jangan memesan dari perusahaan itu.

Utamanya lagi untuk pembelian produk-produk elektronik maupun komputer. Mungkin risikonya dinilai relatif lebih besar bila transaksi dilakukan melalui internet dibandingkan secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *