Wisata Kuliner Yogyakarta

Wisata Kuliner Yogyakarta

Wisata kuliner sudah menjadi keharusan jika mengunjungi suatu tempat atau daerah. Ya, fenomena wisata kuliner sekarang ini memang sedang booming sehingga terkadang tidak lengkap jika mengunjungi suatu daerah tidak melakukan penjelajahan wisata kuliner. Bahkan, di dalam fenomena wisata kuliner pun terdapat fenomena lain, yaitu selalu mengabadikan makanan dalam lensa kamera yang kemudian diunggah ke jejaring sosial.

Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa setingkat provinsi yang mengandalkan objek pariwisata sebagai lumbung pemasukan untuk daerah. Pariwisata di Yogyakarta terdiri dari 2 macam, wisata alam dan wisata sejarah. Berbicara wisata alam, Yogyakarta memiliki panorama alam berupa pantai dan pegunungan yang indah, seperti Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi. Sementara itu, dalam bidang wisata sejarah, ada banyak peninggalan sejarah yang menjadi tujuan favorit berwisata, di antaranya Candi Prambana, Candi Mendut, dan candi-candi lainnya.

Wisata Kuliner Yogyakarta

Nah, untuk mengetahui lebih banyak mengenai info tempat wisata kuliner Yogyakarta, ada baiknya menyimak ulasan berikut ini mengenai kuliner khas Yogyakarta dan berbagai tempat wisata kuliner yang wajib dikunjung jika sedang berwisata ke Yogyakarta.

1. Bakmi Jawa

Salah satu kuliner khas Yogyakarta adalah bakmi jawa. Cita rasa yang dimiliki bakmi jawa berbeda dengan bakmi yang lainnya. Selain rasanya yang gurih dan lezat, cara memasak bakmi jawa pun dilakukan di atas anglo (tungku dari tanah liat dengan menggunakan arang sebagai pembakarannya.
Di Yogyakarta, ada beberapa tempat yang menyajikan bakmi jawa yang enak, seperti bakmi jawa Mbah Mo, bakmi jawa Kadin, dan bakmi jawa Pak Pele.

Bakmi jawa Mbah Mo berlokasi di Dusun Code. Namun, rasanya yang lezat membuat bakmi jawa Mbah Mo ini menjadi incaran para pemburu aneka kuliner khas Yogyakarta. Sementara itu, bakmi jawa Kadin berlokasi di dekat Pakualaman dan bakmi jawa Pak Pele berlokasi di sebelah utara Alun-Alun Utara dekat dengan pagar keraton. Semua tempat bakmi jawa tersebut memiliki cita rasa yang khas. Jadi, jika berkunjung kle Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mencoba bakmi jawa di tempat tersebut.

2. Gudeg

Semua orang mengenal gudeg. Ya, gudeg merupakan kuliner khas yang berasal dari Yogyakarta. Di Yogyakarta, banyak sekali penjual gudeg sehingga membuat bingung gudeg mana yang terkenal dan enak rasanya. Di Yogyakarta, ada beberapa tempat yang menyajikan menu andalan gudeg dengan rasa yang enak dan tingkat ketenaran yang bagus.

Salah satu tempat makan yang menyajikan gudeg sebagai menu andalan adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum merupakan gudeg legendaris yang ada di Yogyakarta. Jika Anda ingin menikmati kelezatan gudeg Yu Djum, kunjungilah daerah Mbarek di jalan Kaliurang Selokan Mataram, dekat UGM. Selain wisatawan dalam negeri, ketenaran gudeg Yu Djum pun sudah menjerat hati wisatawan mancanegara. Gudeg Yu Djum sudah menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin menikmati gudeg saat berkunjung ke Yogyakarta.

Selain gudeg Yu Djum, ada juga gudeg pawon. Di Gudeg Pawon, pengunjung baru bisa menikmati kelezatan gudeg pada malam hari, mulai pukul 11 malam hingga pukul 2 pagi. Guden pawon memiliki cita rasa yang khas yang dipadukan dengan sensasi menikmati gudeg di dapur.

Selain kedua tempat tersebut, Anda pun bisa menikmati kuliner gudeg di tempat lain, seperti di Jalan Sultan Agung (Gudeg Permata) depan bioskop Permata. Rasa gudeg Permata yang enak membuat gudeg Permata menjadi rekomendasi tempat untuk menikmati kelezatan gudeg khas Yogyakarta.

3. Soto Kadipiro

Anda penggemar soto? Tak ada salahnya untuk mengunjungi Soto Kadipiro yang terletak di Jalan Wates dekat dengan perempatan Wirobrajan. Di sepanjang jalan Wates, Anda akan menemukan banyak penjual soto Kadipiro. Namun, soto Kadipiro yang asli berada di utara jalan (satu deret dengan SPBU). Soto Kadipiro merupakan soto ayam yang tidak bersantan. Soto yang didirikan oleh pak karto Wijoyo pada 1921 ini memiliki rasa yang enak dan khas. Jadi, jika Anda penggemar soto, soto Kadipiro patut untuk dicoba.

Selain soto Kadipiro, hidangan soto yang menjadi rekomendasi di Yogyakarta adalah Soto Pak Sholeh yang terletak di Jalan Wiratama Tegal Rejo Yogyakarta, tepatnya di jalan masuk Museum Sasana Wiratama Pangeran Dipenogoro. Soto Pak Sholeh ini termasuk soto tanpa santan yang segar dinikmati siang hari. Soal harga, sangat terjangkau.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Wisata kuliner khas Yogyakarta yang kurang akrab di telinga pecinta kuliner adalah Mangut Lele Mbah Marto. Sesuai namanya, mangut lele merupakan olahan makanan yang berasal dari lele. Mangut lele ini tidak seperti olahan lele yang biasa. Mangut lele Mbah Marto dimasak dalam kuah santan yang pedas dan gurih, seperti kuah gulai. Sebelumnya, lele dibakar terlebih dahulu agar dagingnya matang.

Mangut lele Mbah Marto sudah terkenal sejak dulu. Lokasi dari tempat makan mangut lele Mbah Marto ini berada di Dusun Geneng Sewon, Bantul atau tepat di belakang Institut Seni Indonesia. Sebenarnya, nama warung makan yang menyajikan mangut lele Mbah Marto ini bernama Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto. Namun, yang terkenal justru bukan gudeg melainkan hidangan mangut lele.

5. Nasi Rames dan Nasi Campur Warung Pak Sukir

Salah satu tempat wisata kuliner di Yogyakarta adalah nasi rames dan nasi campur warung Pak Sukir. Tempat makan ini berada di Pasar Beringharjo. Ukuran tempat makan ini pun terhitung kecil dan sederhana. Namun, di balik penampilan warung yang kurang menarik, hadir menu makanan tang enak, yaitu nasi rames. Ya, nasi rames memang terbilan makanan biasa, tapi nasi rames Pak Sukir menjadi rekomendasi jika Anda ingin menikmati hidangan nasia rames.

Di warung Nasi Rames Pak Sukir, ada banyak sayuran dan lauk pauk khas hidangan rumah yang bisa dipilih sesuai selera. Warung Nasi Rames Pak Sukir ini mulai melayani pembelinya sejak Pasar Beringharjo buka hingga sore hari. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Yogya khususnya Pasar Beringharjo, sempatkanlah untuk menikmati nasi rames di warung Pak Sukir.

6. Angkringan Lik Man

Yogyakarta terkenal dengan kuliner angkringannya pedagang angkringan bisa ditemui di berbagai penjuru Kota Yogyakarta. Bahkan, bisa dikatakan jika belum menikmati angkringan, kunjungan Anda ke Yogyakarta kurang  lengkap. Salah satu tempat makan angkringan yang terkenal di Yogyakarta adalah angkringan Lik Man. Angkirngan Lik Man ini berlokasi di sebelah utara Stasiun Tugu, tepatnya di Jalan Wangsodirjan.

Hidangan yang disajikan angkringan Lik Man ini antara lain nasi kucing, jadah tempe, tempe mendoan, sate usus, tahu tempe bacem, rambak, dan hidangan khas angkringan lainnya. Jadi, jika Anda sedang berlibur di Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu mengunjungi dan menikmati hidangan di Angkringan Lik Man.

7. Gado-Gado Bu Hadi

Salah satu tempat tujuan wisata kuliner di Yogyakarta adalah gado-gado Bu Hadi. Lokasi gado-gado Bu Hadi ini berada di dalam Pasar Beringharjo. Ya, lagi-lagi Pasar Beringharjo menjadi surganya wisata kuliner, selain surganya pusat oleh-oleh Yogyakarta. Gado-gado Bu Hadi ini lokasinya di lantai 2 los timur Pasar Beringharjo.

Gado-gado Bu Hadi mulai melayani konsumen dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Selain gado-gado, di tempat ini pun menyajikan menu makanan lainnya, seperti kupat tahu, mie goreng, lotek, dan mie rebus. Namun, menu favorit di sini adalah gado-gado. Harga yang ditawarkannya pun sangat mulah, mulai dari Rp.8.000.

Nah, itulah makanan khas Yogyakarta dan lokasi wisata kuliner yang patut dikunjungi jika sedang berlibur ke Yogyakarta. Semoga penjelasan mengenai wisata kuliner Yogyakarta ini menambah wawasan Anda soal tempat wisata kuliner yang enak di Kota Gudeg, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *